safety manajemen

Tips agar awarness dalam berkendara

Image
     Dalam mengendarai mobil atau motor kita sudah pasti di wajibkan untuk tetap fokus dalam menempuh perjalanan jauh maupun dekat,hal ini demi menjaga keamanan dan keselamatan penumpang yang kita bawa.namun jika di perhatikan dari maraknya kasus kecelakaan mobil tentu di sebabkan oleh lalainya atau tidak fokusnya driver dalam berkendara salah satu yang wajib di lakukan adalah microsleep yang merupakan suatu kejadian berlangsung sekitar sepersekian detik hingga 10 detik penuh,namun durasi microsleep tersebut bertambah lima jika seseorang benar-benar memasuki waktu tidur,sehingga hal ini terjadi dalam beberapa episode yang berdekatan saat seseorang mecoba dan gagal untuk tetap terjaga      Berdasarkan UU No.22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan tata cara berkendara yang berbunyi bahwa setiap orang yang berkendara di wajibkan untuk tetap fokus dan konsentrasi  dalam berkendara demi menghindari kecelakaan dan membahayakan penumpang lain nya.dengan kata lain kecelakaan lalu lintas menjadi

membangun dan menjaga kerjasama tim

    Pada dasarnya dalam bekerja dalam tim yang terpenting adalah bekerja sama agar tujuan kegiatan dapat segera tercapai. Kolaborasi adalah poin kunci dalam proses pencapaian hasil tim. Melalui  komunikasi yang baik, anggota  tim dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kolaborasi?Apa manfaat yang didapat dari  proses kolaborasi ini? Pengertian Kerjasama Sebelum membahas  pengertian kerjasama, ada baiknya kita mengetahui bahwa bagi Gramed, "kerja sama" mempunyai ejaan yang berbeda. Jadi kalau Pak Grameds mau bicara "kolaborasi", jangan tulis "kolaborasi".

    Berdasarkan Kamus Luring Offline (KBBI), kerjasama diartikan sebagai "beberapa orang (lembaga,  Lalu, menurut Menurut Soekanto (1990), pengertian kerjasama adalah  usaha bersama antar individu atau sekelompok orang  untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran bersama. Lebih lanjut menurut Sunarto (2000), kerjasama berarti keterlibatan  pribadi  dua  pihak untuk mencapai tujuan. solusi optimal terhadap permasalahan yang dihadapi  Beberapa pendapat mengenai pengertian kerjasama mengemukakan bahwa kerjasama adalah dapat kita simpulkan bahwa  merupakan usaha bersama dalam suatu  kelompok untuk mencapai suatu tujuan.

Orang-orang ini tidak bisa sukses sendirian. Anda harus bisa bekerja sama  membentuk tim yang kuat untuk mencapai visi dan misi organisasi. Oleh karena itu, dalam sebuah organisasi, penting untuk memiliki orang-orang yang dapat berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan baik sebagai sebuah tim. Hal ini akan menjadi fokus utama Departemen Sumber Daya Manusia (HRD) selama proses rekrutmen. Sehebat apapun Anda di bidang yang Anda geluti, jika Anda tidak bisa berkolaborasi dengan anggota tim lainnya, Anda tidak akan bisa berkontribusi sebanyak-banyaknya. Banyak organisasi saat ini menyadari pentingnya kerja tim dan  melibatkan anggotanya dalam pelatihan dan pertemuan acara  untuk membangun kerja tim yang kuat.   Pemimpin organisasi khususnya manajer memegang peranan penting dalam membentuk kerjasama tim yang kuat. Harus mampu memimpin tim secara efektif, mendelegasikan tugas  dengan tepat, memotivasi anggota tim untuk mencapai tujuan, dan menyelesaikan konflik yang mungkin timbul antar anggota tim. Kriteria apa saja  yang diperlukan untuk membangun kerjasama tim yang kuat dalam suatu organisasi? Kriteria tersebut antara lain: Tujuan dan Komitmen yang Sama Kolaborasi tim yang efektif hanya dapat terjadi bila seluruh anggota tim memiliki tujuan yang sama dan bersedia mendahulukan kepentingan organisasi di atas kepentingan dan ego pribadi. Semangat tersebut harus dibarengi dengan keinginan yang kuat untuk mengerahkan upaya maksimal demi mencapai tujuan bersama. Kontribusi  Setiap Anggota Tim Kolaborasi tim memerlukan kontribusi aktif dari setiap anggota tim. Ketika anggota tim  tidak berpartisipasi atau mengendur, konflik dapat muncul dan  produktivitas tim menurun. Manajer berperan penting dalam menyelaraskan anggota tim sesuai dengan keahlian dan kemampuannya. Kepercayaan antar Anggota Tim Setiap individu dalam tim mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kepercayaan antar anggota tim sangatlah penting. Ketika tim memiliki rasa saling percaya dan anggota tim bersedia menurunkan ego pribadinya,  kesuksesan organisasi hanya tinggal menunggu waktu.


menjaga komunikasi yang relevan



    Semua standar ini harus menjadi bagian dari budaya kerja organisasi Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa membangun kerja tim yang kuat membutuhkan waktu dan usaha. Hal ini perlu didukung baik oleh manajemen organisasi maupun individu dalam organisasi. Kerja sama tim yang kuat merupakan fondasi yang kuat bagi keberhasilan organisasi. Suatu organisasi dapat mencapai visi dan misinya dengan lebih efektif dan efisien bila memiliki orang-orang yang berkomitmen dan saling percaya. 


Comments

Popular posts from this blog

6 Peran penting tujuan k3

HAND FINGER INJURY FREE

3 faktor Perilaku kerja yang salah di tempat kerja