safety manajemen

Peran penting Safety Talk di lingkungan kerja

Image
     Siapapun bisa mengalami kecelakaan dimanapun berada, apalagi jika sedang beraktivitas atau berada dekat dengan orang yang sedang bekerja.Setiap kecelakaan kerja pasti merugikan pekerja atau perusahaan.Perusahaan selalu berupaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh berbagai faktor,serta tindakan untuk mencegah kecelakaan industri guna menghindari kerusakan pada mesin dan manusia.Salah satu dari berbagai inisiatif perusahaan untuk mencegah kecelakaan kerja adalah dengan memperkenalkan program wawancara keselamatan kepada seluruh karyawan tanpa kecuali.Diskusi keselamatan atau yang biasa di sebut safety talk merupakan sarana untuk menghindari bahaya di tempat kerja, dan memungkinkan kita berdiskusi (secara teoritis) berbagai permasalahan pekerjaan, menerapkan hasilnya di lapangan/pekerjaan, dan juga praktik.hal tersebut juga dapat menambah pengetahuan kita sebagai seorang pekerja. Tujuan Melaksanakan Safety Talk di Lingkungan Kerja Sebagai Berikut: Men

Peran Penting Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bagi Pekerja

    perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sangat preserve;">penting bagi pekerja. Apalagi bagi perusahaan seperti PT. Risiko terjadinya sesuatu yang berkaitan aspek k3. Namun, orang yang bekerja di lapangan biasanya memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan mereka yang bekerja di kantor. Terlepas dari lokasi Anda, hal berikut ini berlaku: Keduanya merupakan nilai-nilai perusahaan yang perlu dijaga dengan baik. Kami memastikan tidak hanya kesehatan tempat kerja tetapi juga keselamatan kerja karyawan kami. Karena jika terjadi sesuatu yang buruk pada seorang karyawan, maka perusahaan sendiri yang akan menderita kerugian yang lebih besar.


     Pegawai lapangan biasanya adalah pekerja proyek pemeliharaan trafo atau tim evaluasi trafo yang bersentuhan langsung dengan listrik tegangan tinggi.
Dalam situasi ini, Anda harus mewaspadai risiko keamanan yang muncul.

Pekerja yang tidak berada langsung di lokasi juga mempunyai risiko lebih besar.
Misalnya saja pekerja yang harus mengoperasikan mesin.
Pengoperasian yang tidak tepat dapat menyebabkan kecelakaan kerja.
Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat menyelesaikan tugas.
Pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) bagi dunia usaha dibahas lebih detail pada artikel ini.
Artikel ini sangat bermanfaat bagi kami, jadi harap membacanya sampai akhir.

corporate life saving rules


Pengertian K3
    
     Sebelum kita membahas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara detail, mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan K3.
Keselamatan Kerja Merupakan inisiatif perusahaan untuk melindungi karyawannya dari bahaya dan kecelakaan yang mungkin terjadi selama bekerja.
Keselamatan kerja adalah hal-hal yang berkaitan dengan tempat kerja, mesin atau alat berat, material, proses, dan lingkungan kerja pekerja yang dapat membahayakan keselamatan pekerja.
adapun Kesehatan Kerja yang berkaitan dengan psikologi atau kejiwaan pegawai.
Kesehatan jasmani
sangat penting agar karyawan tetap sehat dan bekerja penuh semangat.
Kesehatan mental juga berkontribusi pada karyawan untuk bekerja maksimal.
Perusahaan dapat menyelenggarakan kegiatan yang meningkatkan ketahanan fisik karyawannya.
Misalnya, perusahaan dapat menyelenggarakan program olah raga bersama atau senam pagi.
Perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah upaya perusahaan untuk melindungi pekerjanya dan menjaga kesehatannya.
Hal ini dikarenakan karyawan merupakan aset berharga bagi tenaga kerja Anda.
Oleh karena itu, perusahaan telah membangun sistem keselamatan kerja yang sangat baik untuk melindungi karyawannya.
Efektivitas Organisasi Jika keselamatan dan kesehatan pegawai di tempat kerja terjamin (K3), maka perusahaan dapat dengan mudah mencapai efektivitas organisasi karena pegawai akan bekerja dengan baik dan maksimal.
hal yang mendasar yang perlu kita ketahuai bahwa K3 lebih dari sekedar slogan, namun wajib dimiliki oleh setiap pekerja.
Dalam setiap kegiatan kerja pasti ada resiko, resiko keselamatan dan kesehatan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
Dalam hal ini pekerja akan selalu dihadapkan pada bahaya-bahaya yang dapat terjadi di tempat kerja dan dapat mengakibatkan kecelakaan kerja.
Kecelakaan kerja merupakan permasalahan yang dapat terjadi di dunia industri dan dapat menimbulkan permasalahan besar bagi kelangsungan usaha.
Setidaknya ada tiga alasan mengapa K3 penting dan harus diterapkan di berbagai bidang kerja.
    Inilah alasannya: Perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja merupakan hak mendasar setiap pekerja yaitu sebagai berikut :
  1. Aspek hukum tanggung jawab pemerintah dan pengusaha untuk memastikan bahwa lingkungan kerja aman dan sehat.
  2. Aspek Ekonomi Menghindari Kerugian Akibat Kecelakaan Kerja Namun ada hal penting yang harus dilakukan.
  3. Aspek keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja adalah hak mendasar bagi setiap pekerja yang telah berpartisipasi dalam perusahaan.
    Namun, untuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja,penting untuk tetap mempertimbangkan keselamatan sebagai prioritas utama dalam pekerjaan sehari-hari.Cara paling sederhana adalah dengan mengamati dan mengidentifikasi aktivitas yang dapat menyebabkan kecelakaan.Sebelum kecelakaan itu sendiri terjadi, perlu dilakukan perbaikan dan pencegahan melalui berbagai inisiatif seperti pemasangan papan tanda dan peringatan, perbaikan peralatan,perubahan cara kerja,dan pelaksanaan kampanye K3.

Comments

Popular posts from this blog

6 Peran penting tujuan k3

Mengenal seorang Safetyman di lingkungan kerja

HAND FINGER INJURY FREE