safety manajemen

Peran penting Safety Talk di lingkungan kerja

Image
     Siapapun bisa mengalami kecelakaan dimanapun berada, apalagi jika sedang beraktivitas atau berada dekat dengan orang yang sedang bekerja.Setiap kecelakaan kerja pasti merugikan pekerja atau perusahaan.Perusahaan selalu berupaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh berbagai faktor,serta tindakan untuk mencegah kecelakaan industri guna menghindari kerusakan pada mesin dan manusia.Salah satu dari berbagai inisiatif perusahaan untuk mencegah kecelakaan kerja adalah dengan memperkenalkan program wawancara keselamatan kepada seluruh karyawan tanpa kecuali.Diskusi keselamatan atau yang biasa di sebut safety talk merupakan sarana untuk menghindari bahaya di tempat kerja, dan memungkinkan kita berdiskusi (secara teoritis) berbagai permasalahan pekerjaan, menerapkan hasilnya di lapangan/pekerjaan, dan juga praktik.hal tersebut juga dapat menambah pengetahuan kita sebagai seorang pekerja. Tujuan Melaksanakan Safety Talk di Lingkungan Kerja Sebagai Berikut: Men

5 Tugas penting bagi seorang safetyman

     Seorang petugas pengawas keselamatan kerja atau yang biasa anda lihat safetyman yang bertugas di lapangan berjalan ke sana kemari seakan - akan melihat pergerakan dan kondisi atau situasi yang terjadi di lapangan merupakan petugas yang memperhatikan hal - hal kecil sekeliling kita dan itu adalah salah satu tugas umum bagi seorang pengawas keselamatan kerja yang biasa kita sebut sebagai safetyman.yang pada umumnya salah satu bagian dari profesi health safety & environment.biasanya di posisi tersebut dapat di katakan salah satu ujung tombak perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan terkendali.

safety talk at field location

    foto di atas menggambarkan salah satu bentuk tugas yang di terapan oleh seorang petugas safetyman di lapangan yaitu melakukan implementasi dalam hal memberikan dukungan serta mengajak para pekerja agar selalu menerapkan prinsip maupun budaya k3 di dalam suatu pekerjaan.selain demikian pada dasarnya kompetensi safetyman umumnya tentu menjadi hal yang sangat penting agar dapat melaksakan tugas seperti gambar di atas dengan baik dan efisien.

    berdasarkan riset yang terjadi selama ini  banyak kecelakaan kerja yang terjadi di tempat kerja yang sebenarnya tidak perlu karena bisa di cegah,hal ini tentunya untuk menghindari efek yang sangat merugikan bagi perusahaan. oleh karena itu di perlukan seorang safetyman yang mesti berkontribusi besar untuh mencegah terjadinya kerugian bagi perusahaan.

nah dengan demikian 5 hal penting yang merupakan tugas atau peran bagi seorang safetyman yang wajib untuk di lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi Potensi Bahaya: Safetyman mengecek secara rutin atau melakukan asessment terhadap bahaya apa saja yang ada di lingkungan pekerjaan.
  2. Mengembangkan Prosedur Keselamatan: Hal ini wajib di implementasikan terhadap prosedur yang di terapkan oleh perusahaan terutama mencangkup langkah-langkah keselamatan yang harus di ikuti.
  3. Memastikan Kepatuhan Terhadap Aturan Keselamatan:Seorang safetyman harus memastikan bahwa semua karyawan dan personil di tempat kerja mematuhi aturan sehingga mampu mengajak karyawan menegakan praktek keselamatan dengan benar.
  4. Identifikasi Kecelakaan Kerja:KKetika terjadi kecelakaan kerja di lingkungan pekerjaan,safetyman wajib melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebabnya serta kronologi penyebab dan akibat kecelakaan kerja yang bertujuan mencegah terjadi kembali kecelakaan serupa.
  5. Menyediakan Bantuan Pertolongan Pertama:Saetyman harus mampu memberikan pertolongan pertama dalam situasi darurat,kemampuan ini sangat penting untuk memberikan perawatan awal kepada karywan yang terluka sebelum tim medis tiba.
aktivitas pengecekan tekanan darah oleh Hse

    Artikel di atas merupakan pembahasan akan peran dan tanggung jawab utama bagi seorang safetyman di lingkungan kerja  yang sangat berperan besar akan pengembangan dan budaya k3 yang bertujuan menjaga karyawan dan mengurangi resiko bahaya yang terjadi di lapangan. 


Comments

Popular posts from this blog

6 Peran penting tujuan k3

Mengenal seorang Safetyman di lingkungan kerja

HAND FINGER INJURY FREE